Pola Istirahat Dan Makan Untuk Penderita Tifus.

Istirahat yang cukup?.
Pada penderita tifus yang cukup dirawat di rumah, lebih mudah untuk dimengerti bagi kita jika istilah ‘istirahat yang cukup’ bagi penderita tifus ditegaskan dengan ‘bedrest’, semua kegiatan penderita dilakukan diatas tempat tidur (klik) sampai keadaan umumnya lebih baik, yaitu ; demam menurun, denyut nadi normal, tekanan darah stabil. Penjelasan terhadap pola istirahat dengan bedrest lebih jelas dan mudah dimengerti oleh penderita dan keluarganya,dengan begitu keluarganya sudah dapat mengatur tenaga dan kelengkapan (klik)untuk memenuhi kebutuhan penderita.(klik) (Hospital ware yang dapat disiapkan di rumah) klik.

Makanan yang bergizi?
Demikian juga dengan jenis makanan yang baik diberikan, yang sering kita ketahui adalah  ‘makan-makanan dengan protein dan gizi yang cukup, hindari makanan yang berserat tinggi, berbumbu pedas atau asam’, bagi penderita dan keluarganya, akan lebih membantu jika diperjelas dengan ‘makanan yang dianjurkan adalah; makanan lunak dengan sayur sop tanpa merica,sayuran yang ada di sop seperti wortel,kentang makaroni dan daging ayam yang di dalam sop tersebut boleh dikonsumsi, jika dengan semur maka, kentang,tahu dan daging ayam yang ada di dalam semur tersebut boleh di konsumsi,buah yang dianjurkan adalah pisang ambon,maka jenis makanan tersebut berangsur akan meningkat sesuai dengan keadaan umum penderita jika semakin baik maka jenis makanan yang dikonsumsi akan lebih berfariasi lagi.   Pendapat untuk memberikan makanan dalam bentuk saring, umumnya tidak lagi dilakukan dengan pemikiran bahwa makanan padat akan menjadi lumat setelah mencapai usus. Penderita tifus umumnya merasa mual dan tidak nafsu makan sehingga dengan memberikan makanan lumat akan semakin menurunkan keinginan untuk makan.
Dengan pengobatan yang tepat, umumnya demam turun 3-7 hari setelah pengobatan dimulai. Penderita dapat kembali beraktivitas dan pola makan kembali seperti sedia kala 5-7 hari setelah selesai pengobatan.

Tifus?
DEMAM tifoid atau yang dikenal oleh masyarakat awam dengan istilah tifus merupakan penyakit infeksi bakteri yang masuk ke tubuh melalui saluran cerna (usus), kemudian menyebar ke seluruh tubuh melalui darah (infeksi sistemik). Tifus disebabkan oleh sejenis bakteri yang disebut Salmonella serovarian typhi dan paratyphi. Terdapat ratusan jenis bakteri Salmonella, tetapi hanya 4 jenis yang dapat menimbulkan tifus yaitu Salmonella serovarian typhi, paratyphi A, paratyphi B, dan paratyphi C.Demam tifoid atau tifus terjadi apabila seseorang terinfeksi kuman Salmonella, yang umumnya melalui makanan atau minuman yang tercemar. Apabila jumlah kuman yang masuk ke tubuh cukup banyak, kuman akan menempel pada sel usus kemudian berkembangbiak (berkoloni) di sana. Kuman kemudian masuk dan menembus dinding usus sehingga masuk ke aliran darah sehingga menyebar ke seluruh tubuh; menimbulkan infeksi pada organ tubuh di luar saluran cerna. Ada kalanya kuman tidak cukup virulen untuk menyerang dan hanya menimbulkan infeksi local di saluran cerna dengan gejala perut kembung, mual atau diare, keadaan ini disebut dengan Salmonelosis.(dr.Khie Chen, SpPD-KPTI).

About these ads

6 Responses to Pola Istirahat Dan Makan Untuk Penderita Tifus.

  1. Tiyang Atmojo mengatakan:

    Informasi yang sangat berguna,,semoga bermanfaat buat para pembaca yang lain juga.terkadang sebagian dari kita menyepelekan waktu istirahat dan juga waktu tidur,yang sebenarnya berakibat sangat tidak bagus buat kita sendiri.

  2. Fi fiah mengatakan:

    Thanx wt inf0nya y! ^_¤

  3. mustiadi mengatakan:

    terima kash atas infox.mudah mudahan bermamfa,at,kusususx sy yg terkena tipus slma setahun,msh kmbuh2

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: